Minggu, 03 Maret 2013

Kriteria Bakalan Burung Cendet Terbaik


Burung Cendet atau ada yang menyebutnya burung Pentet merupakan salah satu burung predator yang memiliki suara variasi isian yang sangat baik. 

Banyak pemelihara burung yang menganggap perawatan burung Cendet susah. Sebenarnya, merawat burung Cendet sama mudahnya dengan merawat burung berkicau jenis lain. Burung Cendet adalah burung cerdas dari keluarga Turdidae.

Jika Anda berminat untuk menjadikanya sebagai burung peliharaan yang memiliki suara yang bagus, jenis kelamin sangat menentukan. Selain itu, kualitas Cendet amat ditentukan oleh faktor genetik.

So, Anda harus memilih bakalan Cendet terbaik. Berikut ini beberapa kriteria yang bisa dijadikan acuan untuk memilih bakalan burung Cendet:
  • Berkelamin jantan: Ciri-ciri burung Cendet jantan dapat dilihat dari warna bulunya yang tegas, mengkilap, dan kontras.
  • Bentuk paruh: Sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar, dan panjang. Paruh bagian bawah cenderung lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Kepala besar: Mata bulat, besar, dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Postur tubuh: Pilihlah bakalan burung Cendet yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan, dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bakalan yang memiliki leher dan tubuh yang pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat: Ini menandakan bakalan burung Cendet tersebut  sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan memiliki nafsu makan yang besar: Ini merupakan ciri-ciri bakalan burung Cendet yang memiliki mental baik.
  • Leher panjang padat berisi: Menandakan burung bakalan Cendet akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
  • Rajin berkicau: Bakalan Cendet yang rajin berkicau mempunyai ciri bermata jeli, berbulu rata dan agak mengkilap, gerakannya gesit, dubur bersih dari kotoran, organ kanan dan kirinya seimbang, volume suara keras, mempunyai bakat alami atau mental yang baik, tidak takut ketika bertemu dengan burung sejenis atau pada saat kontes.

Jika Anda mendapatkan bakalan burung Cendet terbaik, dapat dipastikan burung Cendet kesayangan Anda juga akan menghasilkan keturunan yang baik.

Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar